Pada tanggal 09 Juli 2018 saya menerbitkan tulisan pertama kali di publikasi Medium yang berjudul Selamat Pagi, JavaScript!

Dan tulisan tersebut berjudul Isomorphic Rendering di Vue. Tulisan tersebut memiliki 2 "clappers" yang totalnya 55, 72 Views, 43 Reads, dan 60% read ratio. Sebuah angka yang lumayan "menarik" untuk langkah pertama saya dalam menerbitkan tulisan.

Sekarang (selama 2 bulan terakhir), memiliki total 1280 minutes read dan 648 views. Tulisan favorit mungkin tentang pembahasan Apakah menggunakan NodeJS sebagai Backend, dapat diandalkan? yang memiliki impresi 6 "clappers" (total 80 claps), 136 views, 95 reads, dan 70% read ratio.

Untuk follower pun sudah mencapai 23 yang diantaranya di-follow oleh beberapa orang yang expert (dan berasal dari industri yang lumayan besar), serta penggiat dalam berkomunitas.

Angka-angka tersebut membuat saya bersemangat dalam membuat web yang lebih terbuka dengan membagikan pengetahuan kepada siapapun via media bernama website.

Being independent

Bukan berarti saya tidak menyukai Medium, jelas saya seorang Medium Member yang berarti mendukung misi yang dimiliki Medium dengan membayar $5/bulan. Medium memiliki misi membuat sebuah platform untuk manusia, bukan pengiklan.

Yang berarti mereka memilih kualitas daripada kuantitas, ide asli daripada "sponsored content", pengalaman membaca yang bersih daripada dipenuhi popup dan banner, konten yang menjalin dan mendalam daripada yang "clickbait", serta diukur dari sudut pandang, bukan pageview.

Sayang nya level ke-independen-an penulis di Medium hanya sampai batas yang dimiliki oleh Medium tersendiri. Kita harus patuh dengan Kebijakan Privasi, Ketentuan Penggunaan, Aturan di Medium, dan sebagainya.

Dan kita bergantung pada Medium. Dari penerbitan tulisan, distribusi konten, analitik, sampai ketersediaan Medium sendiri. Yang berarti (salah satunya) tulisan-tulisan kita akan hilang–ya meski bisa di export, pastinya–bila Medium suatu saat shutdown. Meski hampir tidak mungkin shutdown, but never too big to fail.

Dengan menerbitkan tulisan di platform yang saya atur sendiri, berarti semua aspek dari seperti reabilitas situs sampai penggunaan data adalah tanggung jawab saya sendiri. Bagaimana saya mengurus nya, dan apa penting nya untuk kalian, sebagai pembaca.

Nobody can stop me, except god. Even your ISP.

The Purpose

Saya sangat tertarik dengan dunia JavaScript, terlebih untuk saat ini. Dulu dunia JavaScript tidak se-menarik sekarang. Dimulai dari betapa excited nya saya dengan dunia Open Source berkat jQuery, menulis "code JavaScript yang boring" dengan CoffeeScript, sampai pertama kali meng-implementasikan MV* di Frontend Development via Angular.

Sekarang? Jangankan membuat Web App di depan dan belakang, membuat Mobile App, IoT, dan Robot pun bisa menggunakan JavaScript.

Tujuan saya membuat publikasi ini adalah untuk berbagi seputar dunia JavaScript dengan serius, sesuai tagline yang saya buat. Maksudnya, bukan hanya sekedar tentang "Bagaimana cara membuat X menggunakan ${JavaScriptFramework}", atau "Mengapa menggunakan ${JavaScriptFramework} ini daripada ini", tapi benar-benar pembahasan mendalam di dunia JavaScript.

Alias, mengajak anda untuk menuruti nasihat dari Brendan Eich (pembuat JavaScript), yakni:

Always bet on JS.

Once you invest your time and money on JavaScript, always bet on it.

Masih banyak Frontend Developer, atau lebih kasarnya para Web Developer yang hanya bekerja di industri nya sebatas tuntutan pekerjaan. Seperti kalian bisa menjadi seorang pembuat kopi, tapi tanpa mengetahui makna; Filosofi, seni, dan lain-lain nya tentang kopi tersebut. Meskipun agar belebihan, tapi begitulah adanya.

Saya bisa membuat kopi, yang enak. Setidaknya enak untuk saya sendiri. Dan ya, sayangnya kita (salah satunya) "membuat website" bukan untuk kita sendiri. Bukan menulis kode untuk kita sendiri. Semua ada standar nya, filosofi nya, seni nya, dsb.

Dan seperti seni, misalnya. Kalian tau rasanya bagaimana orang yang "tidak tau" tentang seni, tapi sok tau tentang seni? Tidak tau tentang kopi, tapi sok tau tentang kopi? Meskipun seni, kopi, dan JavaScript berbeda, tapi mereka sama-sama sebuah karya. Masterpiece. Sebuah proses. Proses penorehan cat diatas kanvas yang menjadi lukisan, pengubahan biji kopi menjadi secangkir kopi, dan penulisan kode yang menjadi sebuah aplikasi.

Dan dunia JavaScript bukan hanya sekedar jQuery, atau React, atau tukang ngubah .sketch/.psd menjadi .html, .css, .js. Bukan selalu tentang Frontend Development. Kesimpulan nya: Untuk berbagi seputar dunia JavaScript dengan serius, sesuai tagline yang saya buat. Hanya untuk mereka yang benar-benar serius. Ingin serius, atau sedang proses menuju serius.

Following the hype

Nama ESHipster ter-inspirasi dari NSHipster nya mattt yang membahas tentang Objective-C dan Swift. ES berarti EcmaScript, sebuah nama standar dari JavaScript yang diberikan oleh Ecma International.

Dunia JavaScript saat ini bergerak lumayan sangat cepat, dengan begitu perlu nya mengikuti tren pasar dan pengetahuan akan 'mengapa harus mengikuti'. Bayangkan ketika hampir semua industri mulai menggunakan React untuk Frontend, dan menggunakan NodeJS sebagai Backend. Kita yang tidak mengikuti tren dan hanya mengetahui jQuery, bisa apa? Membuat lapangan pekerjaan sendiri?

Dan bayangkan, ketika kita memilih sesuatu yang sedang tren, tanpa tau alasan pasti tentang mengapa kita memilih tersebut. Kita akan membahas nya secara mendalam di topik JavaScript Fatigue.

Your Newsworthy source

Misi saya adalah menerbitkan tulisan yang berkualitas. Serta, umum nya seperti misi yang dimiliki Medium, tapi tanpa Medium. Khususnya, untuk mempromosikan JavaScript, membangun komunitas orang-orang yang sangat tertarik dengan JavaScript, dan menghubungkan para Profesional JavaScript Engineer.

Mencari JavaScript Engineer yang kompeten di Indonesia lumayan susah, dan biasanya sudah dimiliki oleh perusahaan besar. Saya ingin merangkul orang-orang yang 'biasa saja'–seperti saya contoh nya–dibidang ini, untuk men-serius-i bidang nya. Entah dari perusahaan besar, startup, software house, sampai mahasiswa dan pelajar yang serius di dunia JavaScript. Entah dari Frontend, Backend, Mobile, you name it, as long as use JavaScript.

Saya ingin menjadikan publikasi ini sumber tentang dunia JavaScript di negara ini. Meskipun akan membahas yang lain seputar Software Engineering, yang pasti nya akan selalu berkaitan dengan JavaScript.

The Experience

Setiap orang bisa mengakses publikasi ini. Tanpa banner dan popup, tanpa limitasi, dan bahkan tanpa JavaScript sekalipun. Segala aktifitas kalian di publikasi ini saya track via Clicky (Premium, btw), agar saya tau perkembangan; Minat, dan bisa mengukur pergerakan dari publikasi ini.

Jika tidak ingin ditrack, simple. Gunakan uBlock Origin & Privacy Badger as I did, saya juga tidak menggunakan tracking via <noscript>, because I respect what you know. Dan ya, tidak ada sidebar, recommendation, dll, just focus read.

So, enjoy the show. Tell your friends and co-workers about this publication.